Beda WordPress.com dan WordPress.org


WordPress.org adalah PHP/MySQL yang dibangun dari sistem manajemen konten (Content Manajemen System) atau CMS. WordPress.org ini dapat kita download dari situsnya kemudian kita install di hosting. WordPress.org atau wordpress yang dapat dipasang di hosting kita sendiri sehingga kita lebih leluasa untuk memodifikasinya.

Sedangkan WordPress.com adalah layanan blog dimana kita dapat memperolehnya hanya dengan mendaftar dan melakukan setup alias gratis yang didukung oleh wordpress akan tetapi kita tidak sepenuhnya dapat mengelola atau memodifikasinya sesuka kita (uncustomisable). Kita dapat sedikit memodifikasinya seperti mengganti thema dengan berbagai thema yang disediakan, walaupun kita sudah melakukan upgrade dengan membayar biaya pendaftaran tapi kita hanya dapat mengedit CSS

Keuntungan WordPress.com:

1. Pengguna dapat memperoleh blog gratis dengan mendaftarkan akun di wordpress.com.
2. Semua pengelolaan dari segi penginstallan, upgrade software, backup, keamanan, dikendalikan penuh oleh pihak WordPress.com dan Automattic.
3. Blog para pengguna dihosting di server yang tangguh yang berjumlah ratusan, sehingga kemungkinan mengalami gangguan lalu lintas data (down due traffic) sangat kecil.
4. Memiliki ruang penyimpanan (disk space) yang besar (3 GB) untuk menyimpan gambar maupun lampiran dokumen.
5. Tulisan/posting dalam bentuk database akan selalu dibackup secara otomatis oleh pihak WordPress.com, sehingga pengguna tidak perlu repot-repot melakukannya.
6. Aman. Dalam artian semuanya telah dijamin oleh pihak WordPress dari kemungkinan pencurian data maupun password oleh cracker/hacker jahat.

Kekurangan WordPress.com

1. Tidak bisa menginstall tema (theme) sendiri.
2. Tidak bisa menginstall plugin sendiri.
3. Tidak bisa memodifikasi (hacks) kode PHP, HTML, maupun javascript pada tema yang digunakan.
4. Alamat blog menggunakan subdomain dari wordpress.com, kecuali jika pengguna membayar layanan upgrade bila ingin menggunakan nama domain sendiri.

Keuntungan WordPress.org

1. Anda dapat mengunduh software WordPress secara gratis, menginstallnya, serta mengkustomisasinya secara keseluruhan.
2. Dapat menginstall theme sendiri.
3. Dapat menginstall plugin sendiri.
4. Dapat memodifikasi (hacks) kode PHP, HTML, maupun javascript tanpa batasan.
5. Dapat memasang iklan ataupun memonetasi blog anda.

Kekurangan WordPress.org

1. Membutuhkan keahlian dasar tentang webhosting, HTML, PHP, dan javascript. Ketidak-hati-hatian dalam mengelolanya akan berakibat rusaknya blog anda.
2. Membutuhkan layanan penyedia hosting yang bagus. Layanan yang bagus tentunya membutuhkan dana. Layanan hosting yang jelek hanya akan menyusahkan saja ke depannya
3. Membutuhkan alamat web/blog baik berupa domain maupun subdomain. Sekali lagi membutuhkan dana untuk membeli domain yang bagus.
4. Membutuhkan waktu untuk mengelola serta memelihara blog dari serangan spam, hacker, serta untuk membackup database, dan juga mengupgrade software untuk keamanan yang lebih baik.
5. Jika lalu lintas (traffic) pengunjung cukup padat, maka kemungkinan mengalami down due traffic juga lebih besar.Dan wajib menaikkan Bandwith traffic

WordPress.Com bolehkah dijadikan lahan BISNIS?

1. Pihak WordPress.Com memang tidak mengizinkan penggunanya memasang javascript, sehingga mereka pun tidak dapat memasang PPC seperti google adsense, kliksaya, adsensecamp, dan lain-lain yang menggunakan javascript.
2. WordPress.Com tidak memperbolehkan penggunanya memasang link atau banner affiliasi. Pelanggaran terhadap masalah ini dapat mengakibatkan blog anda disuspend oleh WordPress.Com.
3. WordPress.Com tidak memperbolehkan penggunanya mengikuti bisnis paid review (dibayar tiap kali menulis review suatu produk/situs). Pelanggaran terhadap masalah ini pun dapat mengakibatkan blog anda disuspend.
4. WordPress.Com pun juga tidak memperkenankan penggunanya untuk mengikuti ajang kontes SEO. Ancamannya sama, yakni disuspend.

Syarat Kalau WordPress.Com dijadikan Lahan bisnis

1. Jika blog anda mempunyai traffik pengunjung yang melimpah, atau bahkan sangat melimpah, anda dapat menerima pemasangan iklan dalam bentuk banner. Namun perlu diperhatikan, bahwa link atau gambar dari banner-banner tersebut adalah sebuah situs/blog biasa, dan bukan merupakan situs afiliasi atau situs penjualan. Jika banner tersebut terpasang secara natural, maka pihak wordpress.com pun hanya akan menganggapnya sebagai banner biasa.
2. Jika blog anda mempunyai pagerank yang tinggi, anda pun mempunyai kesempatan untuk mengalirkan pagerank tersebut ke blog-blog anda yang dihosting sendiri. Dengan mengalirnya pagerank, maka blog anda yang lain pun siap untuk dimonetasi. [Mengalirkan pagerank = memberikan backlink dofollow ke blog lain]
3. Berjualan Link? Sebenarnya tidak masalah, namun ini adalah hal yang kurang bahkan tidak etis dilakukan.

About Anni

Von Javelline Kennel,Bandung Breeder anjing Ras Info Anni WA 081572985289,BB 51A22388 View all posts by Anni

9 responses to “Beda WordPress.com dan WordPress.org

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: